Pages

Wednesday, May 8, 2019

Cara membersihkan AC rumah (AC split)

Cara membersihkan AC rumah (AC split)



\




Mencuci AC secara rutin menjamin kualitas udara dan keawetan AC. Perhatikan bagian-bagian AC yang perlu dibersihkan dan perawatan berskala lainnya di sini.

Bila bersih dari kotoranTetapingin ruangan atau AC berpengaruh terhadap kualitas udara di dalam rumah dan penggunaan listrik rumah tangga. Bila AC tidak rutin dibersihkan, debu, kutu, jamur, dan bakteri menumpuk di sela-sela ventilasi, kumparan, dan filternya sehingga bercampur dengan udara sejuk yang dialiran keruangan kamar anda. Karena kotoran tersebut juga bisa membuat beban kerja AC semakin berat sehingga tidak bekerja maksimal dan meningkatkan daya listrik yang dipakainya. Mari anda perhatikan cara membersihkan AC yang sederhana dan aman berikut ini demi menjaga kualitas udara yang dihirup anda dan memperpanjang usia AC, dan mencegah pembengkakan tagihan listrik.

Dan untuk membersihkan AC split dengan alat pembersih AC Selain tumpukan debu yang tampak kasatmata dan bau apek yang keluar dari AC, suara berisiknya juga mengindikasikan bahwa AC Anda sudah waktunya dibersihkan. Biarpun begitu, AC yang tetap beroperasi seperti biasa dan tidak menunjukkan tanda apa pun tidak selalu berarti bersih. Idealnya, AC perlu dibersihkan sebulan sekali.


Berikut cara bersihkan AC split untuk unit yang berada di dalam rumah:


  • Cabut pengubung listrik. Gunakan alat pembersih AC seperti Vacum cleaner, kemoceng, atau lap kering untuk menyingkirkan debu pada bilah-bilah ventilasi dan permukaan luarnya. Lihatlah buku panduan AC Anda untuk mengetahui cara melepas dan cara membersihkan filter AC tersebut. Bersihkan debu pada filter dengan mesin vakum cleaner atau kuas bersih. Cuci saringan AC di bawah aliran air. Bila sangat kotor, cuci dengan sabun, kemudian bilas sampai kotorannya bersih. Keringkan filter di tempat teduh tanpa menjemurnya.
  • AC yang berada di dalam rumah juga berisi kumparan evaporator dan kipas. Di pasaran tersedia produk cairan pembersih AC berupa semprotan atau mesin Steam air untuk membersihkan kumparan evaporator yang tidak bisa dilepas itu, Anda perlu mengalasi dinding dan lantai agar tidak terkena ceceran kotoran. Ikuti aturan pakai produk tersebut. 
  • Dengan cara rutinitas membersihkan AC dari debu sebulan sekali, Anda juga perlu merawatnya secara profesional setiap tahun. 
  • Dengan cara membersihkan AC di atas tidak mencakup unit AC yang berada di luar rumah, apalagi sampai ke mesinnya. Teknisi AC yang profesional akan membuka outdoor untuk membersihkan kompresdor, kumparan kondensor ac tersebut, serta salurannya.


Tips atau cara merawat AC rumah beberapa langkah perawatan berikut ini bisa menjaga keawetan AC rumah Anda. Harus mengganti filter AC setiap 3 bulan sekali. Dan Jika salah satu penghuni rumah memiliki alergi, penggantian filter AC perlu lebih sering. Matikan AC sebelum rumah ditinggal dan baru nyalakan kembali ketika penghuni tiba kembali di rumah atau saat dibutuhkan. Saat menyalakan AC, menyetel suhu langsung ke yang paling rendah tidak dianjurkan karena hal tersebut tidak akan membuat ruangan lebih cepat dingin, tetapi hanya membuat AC bekerja lebih berat. Periksa kedua saluran yang berhubungan antara Indoor dan outdoor untuk memastikan tidak terjadi kebocoran. Bila terjadi Kebocoran pada saluran berbahan logam bisa diatasi dengan menyegel lubangnya dengan isolasi khusus pipa AC. Akan Tetapi Anda sebaiknya langsung mengganti saluran berbahan plastik yang bocor. Bila perlu Kumpulkan air hasil kondensasi yang menetes di dekat unit luar rumah untuk menyiram tanaman.

Hanya bagian AC split yang bisa dilepas adalah filternya saja. Cuci filter tersebut dengan sabun cuci piring cair, seperti Sunlight, lalu keringkan dan ganti setiap 3 bulan sekali.


Demikianlah hanya itu yang bisa saya sampaikan, kurang lebihnya mohon di maafkan.




TERIMAKASIH




No comments:

Post a Comment