Pages

Sunday, 29 December 2019

CARA ISI FREON AC SPLIT

CARA ISI FREON AC SPLIT








Assalamu'alaikum  Wr  Wb

Hallo sahabat dunia-elektronik.com mudah-mudahan kalian tidak bosan membaca tulisan saya ini, di hari ini saya akan memberikan tips atau cara mengisi freon AC Split.

Tindakan pertama yang harus dilakukan dalam pengisian freon adalah nyalakan dulu AC nya.
Bila outdoor sudah Start atau Running kemudian buka penutup pentil pengisian freon dengan kunci pass atau konci inggris.
Kemudian pasang analyser selang yang warnanya biru dipentil pengisian freon.Dan cek Freonnya, masih ada atau kosong.
dengan melihat jarum Manifold/Analyser menunjukan pada tekanan rendah yang berwarna biru, bila jarum analyser sama sekali tidak bergerak berarti freonya kosong atau AC mengalami kebocoran.

Kita harus mencari dimanakah sumber kebocoran tersebut, kalau sampai tidak diperbaiki kebocorannya, pekerjaan kita akan sia-sia dan freonpun habis kembali.
Jikalau sudah ketemu sumber bocor segeralah di perbaiki, tapi yang harus perlu di ingat buang dulu sisa freon yang masih ada walaupun hanya sedikit, soalnya memperbaiki kebocoran sudah pasti dengan cara mengelas pipa tersebut.
sebelum proses pengisian freon kita harus melakukan vakum body,vakum body harus menggunakan mesin vakum, bila tidak mesin vakum, kita masih bisa melakukan vakum tersebut menggunakan outdoor Ac yang akan kita isi Freonnya.

Berikut ini adalah cara vacum menggunakan outdoor Ac:

  • Memasang selang Analyser yang warnanya biru pada pentil di mesin outdoor lalu yang selang warna kuning dipasang pada tabung freon, ingat kran yang ditabung freon harus terbuka penuh dan kedua kran analyser harus tertutup.
  • Membuka penutup nepel pipa besar yang ukurannya 3/8.
  • Tutup kran pipa 3/8 menggunakan konci L dengan cara memutarnya kearah kanan.
  • Nyalakan Ac dan tunggu sampai outdoornya nyala atau Running.
  • Setelah outdoor running segera lepaskan selang berwarna biru dari analyser, maka angin akan keluar dari ujung selang warna biru dan tunggulah sampai angin benar-benar habis atau tidak keluar lagi.
  • Memasang kembali ujung selang warna biru ke Analyser bila angin sudah tidak keluar lagi setelah itu buka kran nepel 3/8 dengan kunci L memutarnya kekiri.
  • Proses pengisian freon dengan kran Analyser warna biru kekiri, perhatikan jarum analyser saat pengisian freon sampai selesai proses pengisian.

Ketika saat pengisian freon lakukanlah dengan cara bertahap dan jangan sampai sekaligus dalam waktu yang singkat, karena jikalau dengan sekaligus akan merusak klep kompresor.
lakukanlah perlahan dengan cara membuka kran analyser sebentar dan menutupnya lakukan berulang-ulang, sambil melihat jarum analyser saat pengisian sampai selesai dan dianjurkan pengisian preon biar jarum analyser menunjukan 75Psi-80psi.
Isi freon dengan mengikuti standar pengisian, karena kalau sampai over tidak baik juga buat kompresor, sehingga Ac pun tidak dingin.
Sebaiknya menggunakan pengukur Amper saat pengisian jangan sampai melebihi batas amper.

Ukuran PSI freon berbeda-beda tergantung jenis freon yang akan di gunakan. Mungkin sekarang sudah jarang yang menggunakan Freon R22 dikarenakan banyak pengeluaran Ac baru menggunakan freo R410 atau R32.
Ukuran berapa PK AC tidak menjamin berapa PSI Freon yang harus di isi, bisa juga tergantung jarak indoor dan outdoornya karena semakin jauh semakin banyak isinya, kebutuhan yang anda pakai perlu di ingat memang kalau isinya tepat atau lebih banyak memang dingin yang di capai cepat juga, akan tetapi listrik yang anda butuhkan juga sangat banyak, dan compresor kerja cukup berat, akan tetapi suhu yang di capai akan cepat, tentunya compresor cepat berhenti.

Sudah menjadi hal yang biasa dalam pemasangan Ac, yang biasa jadi patokan dari isi Compresor outdoor yang sudah dari tokonya dan panjang pipapun biasanya di patokan maksimal panjang pipa 5 m dan banyak kita lihat teknisi ac tidak bawa analyser ataupun Vakum, dan mereka hanya membuka higtpress, setelah itu di runningkan untuk mempercepat waktu, padahal hal demikian sangat banyak merugikan konsumen yang akan cepat menimbulkan pada kerusakan mesin.

Saat pada waktu pemasangan sangat diperlukan analiser ataupun vakum dikarenakan apabila mengalami kelebihan freon maka amper listrik akan melonjak tinggi, dan tidak divakumpun pasti akan ada udara yang terjebak mengakibatkan kurang dingin dan juga tidak akan mengetahui kebocoran dipipa pada saat proses pemasangan.
Adapun Untuk ukuran psi biasanya 30 PSI sampai 50 PSI, karena tidak mengukur berapa tekanan freon maka akibatnya listrik amphere menjadi naik.
Apabila tidak di vakum pasti akan ada udara yang terjebak dan akibatnya pendinginan pasti berkurang.


Sampai disini dulu tulisan artikel dari saya, semoga bermanfaat dan atas kunjungannya, saya ucapkan Terimakasih.


Wassalamu'alaikum Wr  Wb


No comments:

Post a comment