Pages

Friday, December 27, 2019

KOMPONEN-KOMPONEN KULKAS DAN FUNGSINYA

KOMPONEN-KOMPONEN KULKAS DAN FUNGSINYA







Assalamu'alaikum  Wr  Wb



Bicara masalah kulkas tentunya sudah tidak asing lagi di telinga kita, kulkas adalah salah satu barang kebutuhan rumah tangga yang harus dimiliki masyarakat dijaman yang serba modern ini. Dimana funsi kulkas tersebut sebagai alat yang befunsi menyimpan makanan atau minuman, agar tetap awet dan tidak busuk, dan juga sebagai pembuatan es.

Dalam kesempatan ini saya akan mengenalkan kepada anda komponen-komponen yang terdapat pada kulkas beserta fungsinya masing-masing. 

Berikut ini komponen-penting pada kulkas:


  1. KOMPRESOR /MESIN KULKAS

Kompresor merupakan alat paling penting pada kulkas, bisa disebut juga jantung kulkas. Dimana fungsi dari kompresor sendiri ialah sebagai alat memompa bahan pendingin (Freon/Refrigerant)


  1. KONDENSOR

Kondensor adalah alat penukar atau perubah wujud gas bahan pendingin (freon) pada suhu tekanan tinggi menjadi wujud cair atau es. Kondensor pada kulkas memiliki bentuk sederhana serta tidak memerlukan perawatan khusus. Saat kulkas bekerja kondensor harus tersasa hangat dipegang, itu tandanya kulkas keadaan normal.


  • FILTER/SARINGAN

Filter/saringan gunanya untuk menyaring kotoran yang mungkin terbawa oleh aliran freon, saat melakukan sirkulasi. Dengan adanya filter kotoran tidak akan masuk kedalam kompresor atau pipa kapiler. Selain itu freon yang akan dialirkan pada proses selanjutnya akan lebih bersih sehingga dapat menyerap kalor lebih stabil dan maksimal. 

  • EVAPORATOR

Evaporator adalah alat yang berfungsi sebagai penyerap panas dari benda yang dimasukan kedalam kulkas, dan kemudian evaporator menguapkan freon untuk melawan panas dan dan akan mendinginkannya sehingga sampai membekukan. Evaporator sendiri dibuat dari bahan tembaga atau almunium yang tidak akan brkarat.

  • THERMOSTAT

Thermostat adalah alat sebagai pengatur suhu pada kulkas bisa jg disebut sebagai cool kontrol. Fungsi thermostat sebagai pengatur kerja kompresor secara otomatis, berdasarkan batasan suhu pada setiap bagian kulkas. Jika suhu evaporator sesuai dengan pengatur suhu thermostat, akan secara otomatis thermostat memutuskan listrik ke kompresor.

  • HEATER 

Heater berfungsi sebagai pemanas untuk mencairkan pembekuan es, heater ini hanya berada pada kulkas yang bersistem defrost, biasanya terdapat pada kulkas dua pintu atau lebih. Kulkas satu pintu tidak ada heaternya, sehingga harus di kuras secara manual. Heater akan mencairkan bunga es yang terdapat pada evaporator, dan air dari pencairan tersebut akan tertampung di penampungan air. Dan air dari pencairan tersebut berfungsi juga untuk sebagai pendingin kondensor atau juga pada kompresor. Selain itu juga heater berfungsi mencegah terjadinya penimbunan bunga es di evaporator, karena jikalau terjadi penimbunan bunga es pada evaporator akan menyebabkan sirkulasi udara tidak lancar sehingga pada bagian bawah kulkas tidak dapat udara dingin. bahkan jika pembekuanya terlalu parah tidak akan membekukan air yang diletakan di evaporator.

  • FAN MOTOR/KIPAS ANGIN

Fan motor berfungsi untuk menghembuskan angin, fan motor menyerap dingin dari evaporator dan menghembuskannya keluar sehingga mendinginkan benda yang didalam kulkas. biasanya ada juga kipas yang berada di dekat kompresor gunanya untuk membuang hawa panas pada kompresor.


  • OVERLOAD

Overload adalah alat yang berfungsi sebagai pengaman yang letaknya berada dibagian terminal kompresor. cara kerjanya sama seperti sikring dapat menyambung dan memutuskan aliran listrik. overload dapat melindungi komponen kelistrikan dari kerusakan yang disebabkan akibat arus kompresor yang melebihi batas normal. 

  • FREON/REFRIGERANT

Freon adalah zat yang mudah diubah wujudnya dari gas menjadi cair, ataupu sebaliknya. jenis freon beragam dan setiap freon memiliki karakteristikberbeda.

  • TIMER 

Timer adalah alat yang berfungsi sebagai pengatur waktu. Kerusakan pada timer akan mengakibatkan pembekuan yang berlebihan atau juga membuat kompresor tidak bekerja. Awal timer bekerja sampai dengan proses heater + 8 jam, sedangkan proses heater + 15 menit. 

  • THERMOFUSE/FIUS 

Saat timer dan thermostat tidak stabil/rusak, maka mengakibatkan heater bekerja terus-menerus sehingga mencapai suhu 70 derajat celcius, temperatur yang mencapai 70 derajat celcius. Maka fius akan bekerja memutus arus listrik yang mengalir pada heater.




Itulah komponen-komponen yang terdapat pada kulkas, sebenarnya masih banyak komponen yang lain, kemungkinan bisa saya tulis di artikel yang lain,

Semoga artikel yang saya tulis ini bisa bemanfaat,

Dan atas kunjungannya saya ucapakan TERIMAKASIH


Wasaalamu'alaikum Wr. Wb


1 comment: