Pages

Sunday, 22 December 2019

PENYEBAB KERUSAKAN PADA KULKAS DUA PINTU




PENYEBAB KERUSAKAN PADA KULKAS DUA PINTU










Assalamu'alaikum Wr Wb




Pada kempatan kali ini saya akan memberikan informasi tentang penyebab kerusakan pada Kulkas dua pintu. Kerusakan yang sering terjadi pada kulkas dua pintu adalah biasanya terjadi karena sistem Nofrost tidak berjalan normal, kebocoran freon dan kompresor yang tidak bekerja dengan baik.




Kulkas dua pintu ada yang menggunakan Defrost timer manual dengan 4 kaki terminal, dan ada yang menggunakan Defrost elektrik/PCB, biasanya Type Defrost ysng elektrik terdapat pada kulkas tiga pintu atau lebih.




Letak keberadaan Defrost timer pada kulkas berbeda-beda, ada yang terletak dibelakang kulkas dekat dengan fan motor, ada yang terletak dengan mesin kompresor kulkas, dan ada juga yang terletak di dalam dekat lampu penerangan kulkas.


Kmponen-komponen listrik yang terdapat pada kulkas dua pintu adalah sebagai berikut:
  1. Kompresor
  2. Relay kompresor, posisinya terletak pada terminal kompresor.
  3. Overload Kompresor, posisinya terletak pada terminal kompresor.
  4. Starting atau Running kapasitor
  5. Thermostat, posisinya terletak dibagian dalam pintu atas / bagian frezzer.
  6. Fan Motor, posisinya terletak pada dibagian dalam pintu bagian atas/bagian frezzer.
  7. Defrost Timer
  8. Defrost Thermostat.
  9. Thermofuse
  10. Heater / Pemanas
  11. Switch Fan Motor yang posisinya berada dibagian dalam atas di belakang pintu atas
  12. Switch Lampu yang posisinya berada di bagian dalam bawah dibelakang pintu bawah.


Kerusakan pada kulkas dua pintu atau lebih, biasanya sama pada kulkas satu pintu.


Kerusakan-kerusakan yang lain pada kulkas diantaranya:




Kulkas tidak dingin sama sekali



- Cek fan motor, buka pintu bagian atas sambil menekan switch fan motor dengan jari, rasakan apakah ada hembusan anginnya. jika ada berarti motor dalam kondisi normal. Jika tidak ada hembusan angin, cek pada bagian Defrost timer apakah sedang dalam keadaan kondisi Defrost? Jika dalam keadaan Defrost , kompresor dan fan motor tidak akan mendapatkan aliran listrik.


- Cek bagian kompersor beroperasi atau tidak. Jika beroperasi lihat pada bagian pipa di sekitar kompresor, apakah ada kebocoran freon atau tidak. Jika ada rembesan oli di sekitar kompresor berarti ada kebocoran freon.Solusinya harus di lakukan perbaikan dengan mengelas pipa pada bagian yang bocor, setelah tidak ada kebocoran, pasang pentil buat pengisian freon. Tambahkan oli kompresor dan lakukan vakum kemudian isi freon sampai jarum tekanan pada Manifold warna biru menujukan angka 10-15 Psi.


- Cek relay kompresor apakah berfungsi dengan baik atau tidak.


- Cek starting kapasitor bila kompresor menggunakannya


- Cek overload kompresor


- Cek pada kabel yang menuju kompresor putus atau tidak.


- Cek Defros timer, apakah mengalirkan listrik ke bagian kompresor atau tidak.


Dan untuk Relay yang banyak di pergunakan pada kompresor kulkas dua pintu adalah relay yang berisi dengan dua bimetal yang menjepit lingkaran mika yang berbentuk separti uang logam.
Biasanya pada relay ini kerusakan yang terjadi adalah bimetal didalam relay aus atau terbakar sehingga tidak dapat menempel pada mika. kerusakan lain pada relay adalah mika dalam relay pecah atau retak.


Dan untuk kapasitor starting bisa di cek menggunakan multytester pada skala ohm x 1000 tempelkan probe tester pada kaki-kaki yang berada pada kapasitor, jika jarum multytester bergerak kekanan lalu kembali lagi kekiri berarti kapasitor kondisi baik.


Cara cek Defrost timer adalah putar knop yang berwarna coklat searah jarum jam mendekati waktu defrost atau mendekati waktu start kompresor lalu aliri listrik kaki nomor 1 dan 3 lalu tunggu 15 menit. Apakah terdengar bunyi perpindahan bimetal pada defrost timer dari kompresor ke haeter atau ke heater kompresor ? Jika defrost timer dapat memindahkan aliran listrik yang berada pada bimetal ke kompresor atau sebaliknya, berarti defrost timer dalam kondisi baik


Cara cek overload kompresor adalah dengan multytester pada posisi ohm X1 jarum multytester bergerek / ada tahanan berarti overload dalam kondisi baik.




Demikian lah penjelasan dari saya mengenai kulkas dua pintu atau lebih yang tidak dingin, bila ada kekeliruan mohon di maklum.


TERIMAKASIH


Wassalamu'alaikum Wr Wb







No comments:

Post a comment